Friday, June 13, 2008

Rahasia Meede

RAHASIA MEEDE
Misteri Harta Karun VOC

Penulis : E.S. ITO
Penyunting : Melvi Yendra
Penerbit : Hikmah Publishing House
Terbit : Agustus 2007




DESKRIPSI
“Sebuah terowongan tua ditemukan di perut bumi Jakarta. Pintu masuknya terletak dalam Museum Sejarah Jakarta. Rutenya diyakini menuju tempat persembunyian emas VOC.

Sementara itu, di atas permukaan, Jakarta dicekam oleh teror pembunuhan misterius. Satu per satu orang penting ditemukan tewas mengenaskan, di tempat-tempat berawalan huruf B, disertai pesan aneh berupa Tujuh Dosa Sosial yang pernahdicetuskan oleh Mahatma Gandhi. Entah apa makna semua itu.

Het Geheim van Meede—Rahasia Meede, misteri emas VOC itu, perlahan terungkap. Dan, untuk mendapatkan jawabannya, seorang laki-laki muda intelijen militer harus berhadapan dengan seorang anarkis, karibnya ketika sama-sama sekolah di SMA Taruna Nusantara. Tak hanya bersaing dalam hal itu, mereka pun sama-sama berusaha mencuri perhatian seorang gadis Belanda, seorang mahasiswi peneliti Sejarah Ekonomi Kolonial, yang menyimpan lebih banyak misteri dari apa yang ditampakkannya.
Lika-liku pencarian Rahasia Meede melintasi sejarah ratusan tahun Indonesia, melewati pelarian, pengkhianatan, dan persahabatan. Kegelisahan sebuah generasi berusaha menemukan jalan keluarnya sendiri.

***

"Menantang kecerdasan, logika, dan cara kita memandang dunia nyata... Saya merekomendasikan karya ini."
- Effendi Ghazali, Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia

"Novel yang dahsyat detail sejarahnya dan inspiring, Pram muda telah lahir..."
- M. Fadjroel Rachman, esseis dan penyair

"Contoh sastra baru di Indonesia--thriller sejarah dengan kombinasi fiksi dan fakta. Ini sejalan dengan aliran sastra dunia yang baru. Kita akan dibawa melompat ke masa VOC, lalu revolusi Indonesia, dan tiba-tiba ada di masa kini."
- Harry A. Poeze, Direktur penerbitan KITLV Press, Leiden, Belanda

No comments: